Gila-gilaan

Jika sebuah kata benda atau sifat diulang dua kali makna yang tersirat umumnya adalah sebuah pekerjaan atau aktifitas yang bersifat pura-pura, misal : dokter-dokteran yang berarti berpura-pura menjadi dokter, atau pacar-pacaran yang dapat dimaknai berpura-pura seperti pacaran. Tak jauh beda dengan frase gila-gilaan yang mungkin bisa dideskripsikan sebagai aktifitas yang seakan-akan seperti orang gila alias tak  berpikir secara rasional.

Konon bahwa aktifitas gila-gilaan seharusnya lebih pantas dilakukan oleh kawula muda yang kerap tak berpikir secara rasional di dalam langkah dan tindak-tanduknya. Namun demikian, gila-gilaan juga kerap dijalani para orang “tua” yang ada dalam sebuah situasi yang tanpa sadar menggiring mereka untuk bertindak tidak rasional. Mungkin sebuah situasi saat mereka berkumpul dengan para teman lama yang telah menjadi nostalgia dahulu kala. Atau pada saat mereka berkumpul ceria dengan sesama kolega dalam sebuah arena santai yang jauh dari rutinitas keseharian.

Jelaslah sudah bahwa gila-gilaan tidaklah sama dengan gila beneran, karena semuanya hanya berpura-pura dan semuanya hanya sementara. Konon pada saat stress melanda serta jenuh mendera, maka sedikit gila-gilaan akan dapat membuka kembali cakrawala pikiran menjadi lebih ceria dan penuh cahaya. Konon pula, bahwa pada saat masalah menenggelamkan diri beserta segala pedih dari rutinitas sehari-hari, satu hari yang gila-gilaan akan dapat membungkam segala perih dan mengusir segala sedih.

Namun jelaslah pula, bahwa gila-gilaan hanyalah sementara dan berpura-pura. Sebab gila-gilaan yang berlebih malah akan menimbulkan masalah baru bagi kita. Gila-gilaan yang berlebih dipastikan akan menjadikan kita benar-benar gila tanpa lagi ada akhiran –an yang mengikuti. Gila-gilaan yang berlebih hanya akan membuat kita menjadi gulana setelah sadar akan akibat yang telah timbul karenanya.

Jadi, gila-gilaan sesekali tiada akan ada salahnya, asalkan jangan lagi bablas menjadi gila sebenarnya.

MyFreeCopyright.com Registered & Protected
Like

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *